Contoh STPPA PAUD Kurikulum 2013 semester 1 dan 2
Thursday, June 21, 2018
Add Comment
Dalam Pendidikan Anak Usia Dini, STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) merupakan acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
STPPA merupakan acuan yang dipergunakan dalam pengembangan kurikulum PAUD. Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD disebut sebagai Kompetensi Inti. Kemudian, Kompetensi Dasar merupakan pencapaian perkembangan anak yang mengacu kepada Kompetensi Inti.
Berikut contoh Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (RPPA) usia 3-4 tahun :
STPPA Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun terdiri dari : Nilai Agama Dan Moral, Fisik Motorik, Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional , dan seni. sama dengan tingkatan 4 -5 tahun namun berbeda deng sub tema uraian yang harus diterapkan.
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013
PERMENDIKBUD NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN
NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL
Mengetahui perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
Mengetahui arti kasih dan sayang kepada ciptaan Tuhan
Mulai meniru doa pendek sesuai dengan agamanya
FISIK MOTORIK
Motorik Kasar
Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
Naik-turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
Meniti di atas papan yang cukup lebar
Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak)
Meniru gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat)
Berdiri dengan satu kaki
Motorik Halus
Menuang air, pasir, atau biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember)
Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
Meronce benda yang cukup besar
Menggunting kertas mengikuti pola garis lurus
Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
Berat badan sesuai Tingkat usia
Tinggi badan sesuai Tingkat usia
Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
Lingkar kepala sesuai Tingkat usia
Membersihkan kotoran (ingus)
Menggosok gigi
Memahami arti warna lampu lalu lintas
Mengelap tangan dan muka sendiri
Memahami kalau berjalan di sebelah kiri
KOGNITIF
Belajar dan Pemecahan Masalah
- Paham bila ada bagian yang hilang dari suatu pola gambar seperti pada gambar wajah orang matanya tidak ada, mobil bannya copot, dsb
- Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau cabai)
- Menyebutkan berbagai macam kegunaan dari benda
- persamaan antara dua benda
- Memahami perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama seperti membedakan antara buah rambutan dan pisang; perbedaan antara ayam dan kucing
- Bereksperimen dengan bahan menggunakan cara baru
- Mengerjakan tugas sampai selesai
- Menjawab apa yang akan terjadi selanjutnya dari berbagai kemungkinan
- Menyebutkan bilangan angka 1-10
- Mengenal beberapa huruf atau abjad tertentu dari A-z yang pernah dilihatnya
Berpikir Logis
Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
Mulai mengikuti pola tepuk tangan
Mengenal konsep banyak dan sedikit
Mengenali alasan mengapa ada sesuatu yang tidak masuk dalam kelompok tertentu
Menjelaskan model/karya yang dibuatnya
Berpikir Simbolik
Menyebutkan peran dan tugasnya (misal, koki tugasnya memasak)
Menggambar atau membentuk sesuatu konstruksi yang mendeskripsikan sesuatu yang spesifik
Melakukan aktivitas bersama teman dengan terencana (bermain berkelompok dengan memainkan peran tertentu seperti yang telah direncanakan).
BAHASA
Memahami Bahasa
Pura-pura membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri
Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan contoh: ambil mainan di atas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik
Mengungkapkan Bahasa
Mulai menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (6 kata)
Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
SOSIAL EMOSIONAL Kesadaran Diri
Mengikuti aktivitas dalam suatu kegiatan besar (misal: piknik)
Meniru apa yang dilakukan orang dewasa
Bereaksi terhadap hal-hal yang tidak benar (marah bila diganggu)
Mengatakan perasaan secara verbal
Tanggungjawab Diri dan Orang lain
Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
Bersabar menunggu giliran.
Mulai menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
Mulai menghargai orang lain.
Mulai menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan
Perilaku Prososial
Membangun kerjasama
Memahami adanya perbedaan perasaan (teman takut, saya tidak)
Meminjam dan meminjamkan mainan
SENI Anak mampu membedakan antara bunyi dan suara
Mengenali berbagai macam suara dari kendaraan
Meminta untuk diperdengarkan lagu favorit secara berulang
Tertarik dengan kegiatan musik, gerakan orang, hewan maupun tumbuhan
Mendengarkan atau menyanyikan lagu
Menggerakkan tubuh sesuai irama
Bertepuk tangan sesuai irama musik
Meniru aktivitas orang baik secara langsung maupun melalui media. (misal, cara minum/cara bicara/perilaku seperti ibu)
Bertepuk tangan dengan pola yang berirama (misalnya bertepuk tangan sambil mengikuti irama nyanyian)
Tertarik dengan kegiatan atau karya seni
Menggambar dengan menggunakan beragam media (cat air, spidol, alat menggambar) dan cara (seperti finger painting, cat air, dll)
Membentuk sesuatu dengan plastisin
Mengamati dan membedakan benda di sekitarnya yang di luar rumah
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun semester 1 dan 2
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun semester 1 dan 2
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6Tahun semester 1 dan 2
0 Response to "Contoh STPPA PAUD Kurikulum 2013 semester 1 dan 2"
Post a Comment