Download instrumen akreditasi Paud 2018



Akreditasi merupakan penilaian yang dilakukan oleh BAN-PNF dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan melalui penilaian dengan kriteria 8 standar Nasional pendidikan (SNP). Untuk menilai kelayakan tersebut disusun instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, yang mencakup 8 (delapan) standar, yaitu 1).

Standar Kompetensi Lulusan, 2) Standar Isi, 3) Standar Proses, 4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 5) Standar Sarana dan Prasarana, 6) Standar Pengelolaan, 7) Standar Pembiayaan dan 8) Standar Penilaian Pendidikan. Khusus PAUD, Standar Kompetensi Lulusan menggunakan istilah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP).

Instrumen akreditasi digunakan untuk memeroleh data berkaitan dengan 8 (delapan) SNP yang menggambarkan kondisi PAUD secara obyektif. Untuk itu, instrumen ini harus diisi oleh pengelola PAUD atau pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan PAUD.

Download Instrumen Akreditasi
[ unduh ]

Jawaban terhadap pertanyaan/pernyataan harus sesuai dengan prosedur akreditasi PAUD yang telah ditetapkan oleh BAN-PNF. Instrumen Akreditasi TK/RA merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Pengisian Instrumen Akreditasi TK/RA. Oleh karena itu, sebelum memilih jawaban pada butir-butir instrumen Saudara harus mempelajari/memahami Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi.

Instrumen Akreditasi TK/RA terdiri dari:
a. Pernyataan kepala TK/RA.
b. Data identitas TK/RA.
c. Butir instrumen berisi empat kelompok standar, yaitu:
(1) Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan;
(2) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
(3) Standar Isi, Proses, dan Penilaian; dan
(4) Standar Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, dan Pembiayaan.

Semua butir pada Instrumen Akreditasi merupakan pernyataan tertutup yang terdiri dari 5 (lima) opsi jawaban yaitu “A”, “B”, “C”, “D”, dan “E” yang harus dipilih sesuai dengan bukti seperti dipersyaratkan dalam Juknis Pengisian Instrumen Akreditasi.

Diharapkan dalam pengisian instrumen akreditasi bisa obyektif dan sesuai dengan keadaan riil di lembaga sekolah satuan Paud yang sebenarnya.

0 Response to "Download instrumen akreditasi Paud 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel