Panduan Unistall aplikasi Dapodikdasmen Dan Dapopaudni

Dalam kesempatan kali ini guru teladan akan berbagi tips tentang cara yang benar dalam uninstall aplikasi dapodikdasmen dan dapodik paud, tapi sebelum itu , admin beritahukan bahwa artikel ini untuk kalian operator yang mengelola aplikasi dapodik, yang masih kesulitan dalam melakukan uninstall aplikasi dapodikdasmen dan dapodik paud.
panduan uninstall aplikasi dapodik paud dan dapodikdasmen


Langkah pertama sebelum uninstall
Jika ingin uninstall aplikasi dapodik sebaiknya kalian backup terlabih dahulu data pada aplikasi , agar suatu jika dalam uninstall aplikasi terjadi error masih dapat dikembalikan lagi seperti saat trakir sinkronisasi.

Pastikan juga sudah melakukan sinkronisasi dapodik pada saat ingin melakukan uninstall . sehingga jika terdapat perubahan tidak hilang karena sudah dilakukan proses sinkronisasi.

Bagimana cara backup aplikasi dapodikdasmen dan dapodik paud ?

Kalian dapat melakukan backup manual dengan cara copy data folder dapodik ( untuk dapodikdasmen) dapopaud ( untuk dapodik paud dan dikmas ) yang ada di local disk c – program file dapodik, tapi sebelum melakukan itu kalian harus stop dulu local servis dapodikdb dan dapodikwebsrv dengan cara berikut :
  1. Masuk ke control panel
  2. Cari view local service pada kotak pencarian
    cari view local service
  3. Kemudian buka local service tersebut
  4. Cari DapodikDB dan dapodikWebSrv ( dapodikdasmen )
  5. DapopaudDB dan DapopaudWebSrv ( Dapodik Paud Dan dikmas )
    local service dapodik
  6. Stop kedua service tersebut
  7. Setelah itu copy folder yang admin jelaskan di atas, ke folder yang kalian kehendaki dan sekiranya aman untuk di simpan !

Lanjut ke tahap Uninstall aplikasi !

Lakukan uninstall seperti biasa melalui control panel – uninstall aplikasi – aplikasi dapodikdasmen /dapodikpaud.
uninstall aplikasi di control panel

Khusus untuk dapodikpaud jika setelah uninstall aplikasi dan ingin memasang kembali terdapat peringatan aplikasi ini sudah pernah diinstall seperti gambar.Berarti kalian belum sempurna dalam melakukan uninstall aplikasi : 

Trus bagaimana langkah selanjutnya ?

Jangan panik, dulu ya ! hehe

Kebanyakan dari operator dapodikpaud memang mengalami permasalahan seperti udah di uninstall mau install lagi ehh malah gagal, kecewa jadinya.. admin sih sering yang seperti ini .

Kok bisa kenapa ya ?

Ini bisa saja terjadi pada system operasi yang digunakan karena pada regristry belum benar – benar terhapus dari perangkat leptop maupun computer kalian. Kebanyakan sih menggunakan windows 7 ,

Bagaimana cara mengatasinya ?

Cukup dengan masuk ke regristry editor dengan cara tekkan tombol Windows + R ketik regedit kemudian ok/atau enter.


Setelah berhasi masuk regristry editor , cari folder Hkey_Current _User – Softwere -> kemudaian cari folder dengan nama dapodikpaud /dapopaud.hapus folder
cari file pada regristry editor kemudian hapus

Masuk ke hkey_local_mechine->softwere->cari folder dapodikpaud/dapopaud kemudian hapus,

Coba restart ulang computer dan coba install kembali

Selesai.

Jika cara diatas masih sulit bagi yang belum paham tentang regristry editor , kalian dapat menggunakan aplikasi tambahan seperti ccleaner, revo uninstaller iobit uninstaller dan banyak lagi, yang dapat kalian cari di internet.

Memang pada dasarna aplikasi dapodi dikembangkan untuk data pokok pendidikan yang harusnya dibuat lebih mudah dan lebih simple dalam penggunaanya. Akan tetapi semua berbanding terbalik menurut admin sih sekarang aplikasi dapodik baik itu data pokok pendidikan dasar menengan maupun data pokok pendidikan anak usia dini, semua dibuat ribet.

Bener apa gak ?

Bagaimana menurut kalian ?

Berikan komentar di bawah ya , terima kasih semoga artikel ini bisa memberikan mamfaat bagi yang membaca.

0 Response to "Panduan Unistall aplikasi Dapodikdasmen Dan Dapopaudni"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel