Download KI Dan KD Kurikulum 2013 SD-MI Revisi 2018

KI dan KD Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI , Halo sahabat Guru Teladan, Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar ( KD) merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam penerapan Kurikulum 2013 yang di turunkan dari Standart Kompetensi Lulusan (SKL). Sebagaimana telah diatur seuai dengan Permendikbud nomor 37 tahun 2018 Tentan KI dan KD jenjang Dasar dan Menengah.

Dalam Kesempatan kali ini Admin akan membagikan file KI dan KD revisi tahun 2018 yang biasa digunakan sebagai penunjang penilaian dalam Pengisian Raport Kurikulum 2013. Sebelum itu Admin akan membahas sedikit tentang pengertian dan tujuan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar ( KD ).
download ki dan kd kurikulum 2013 revisi 2018

Pengertian Dan Tujuan KI dan KD

Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan siswa untuk mencapai suatu Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program.

Kompetensi Dasar adalah kemampuan siswa untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. KD terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotorik ).

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Dalam halaman ini Admin akan bagikan KI dan KD dalam 3 bentuk file yaitu , xls,word dan pdf yang sangat mudah untuk di gunakan kembali. Bapak IBu guru dapat men - download langsung melalui link yang Admin Bagikan di bawah ini :

Download KI dan KD Kurikulum 2013 

Demikan Bapak dan Ibu guru yang dapat Admin bagikan tentang KI dan KD Kurikulum 2013 SD-MI Revisi 2018 sesuai dengan permendikbud nomor 37 tahun 2018 semoga dapat bermamfaat.

0 Response to "Download KI Dan KD Kurikulum 2013 SD-MI Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel