Cara Memindahkah Rombel Peserta Didik di Aplikasi Dapodikdasmen 2019.e

Memindahkan Peserta didik di aplikasi Dapodikdasmen 2019.e tidak dapat dilakukan langsung melalui aplikasi dapodik, seperti versi yang sebelumnya. Jika ingin memindahkan siswa pada rombel lain harus melalui Halaman Kelola Data sekolah dengan cara Tarik Peserta Didik.

Ini sering kali terjadi pada saat Operator melakukan tarik peserta didik / mutasi peserta didik tidak melihat Rombel Tujuan, yang seharusnya masuk pada Rombel kelas 5 setelah di lakukan sinkronisasi di aplikasi Dapodik masuk pada rombel kelas 1.
Cara Pindah rombel PD di aplikasi Dapodikdasmen 2019.e


Bagaimana jika kesalahan tersebut dilakukan ?

Wajar karena beberapa tahun ini aplikasi data Pokok Pendidikan terus melakukan perbaikan dan penambahan fitur demi terciptanya data yang valid dan terukur.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan memasukan siswa ke rombel ?

Bapak/ibu bisa melakukanya dengan mudah hanya dalam dua kali sinkronisasi, yang pertama mengeluarkan siswa dari aplikasi dapodik, yang kedua memasukan siswa setelah dilakukan Tarik peserta didik. Kenapa demikian , karena siswa yang salah penempatan rombel harus dikeluarkan lagi kemudian ditarik kembali seperti proses saat tarik peserta didik melalui Manajemen dapodik / kelola data sekolah.

Memindahkan Peserta didik Ke Rombel Lain 

Dalam Kesempatan kali ini Admin akan berbagi cara untuk memindahkan peserta didik dari rombel aplikasi Dapodikdasmen 2019.e.


  1. Pertama keluarkan peserta didik dari aplikasi dapodik dengan cara. masuk aplikasi dapodikdasmen - Peserta didik - pilih baris peserta didik - pilih regristrasi.
  2. Pilih Keluar karena - Mutasi - Tanggal Saat ini - isi alasan keluar dengan Pindah Rombel - Simpan Dan Tutup.
  3. Lakukan Validasi pada setiap Tabulasi - Lakukan sinkronisasi Dapodikdasmen.
Jika sudah berhasil melakukan sinkronisasi langkah selanjutnya Tarik Peserta Didik secara Online melalui Halaman Kelola Data SeKolah.
  1. Buka Halaman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  2. Masuk kelola data sekolah dengan Akun Dapodikdasmen
  3. Pada menu Beranda pilih peserta didik - tambah peserta didik - Pindah/Mutasi
  4. Isi pilihan provinsi sampai dengan sekolah asal ( sekolah Bapak/Ibu ) - Tampilkan
  5. Cari nama peserta didik yang baru saja dikeluarkan.
  6. Centang pada baris peserta didik, jangan lupa untuk memilih Rombel Tujuan
  7. Karena nantinya peserta didik akan otomatis masuk pada rombel yang dipilih.
  8. Jika sudah pilih Simpan.

Sampai pada proses ini siswa sudah berhasil ditambahkan kembali dengan Rombel yang sudah benar. Untuk memasukan ke aplikasi Dapodikdasmen, Lakukan sinkronisasi, sekali lagi siswa akan masuk pada Rombel yang terpilih.



Catatan : proses ini mudah namun perlu ketelitian terutama pada saat menentukan Rombel Tujuan peserta didik. kebanyakan kesalahan yang terjadi operator tidak melihat dan memilih rombel tujuan peserta didik saat Tarik PD secara online:
Demikian Pembahasan yang dapat Admin bagikan tentang cara memindahkan rombel peserta didik di apkikasi Dapodikdasmen 2019.e semoga dapat bermamfaat.

0 Response to "Cara Memindahkah Rombel Peserta Didik di Aplikasi Dapodikdasmen 2019.e"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel