Memperbaiki Beban Mengajar Tidak Valid Pada Info GTK Melalui Aplikasi Dapodik Paud

Beban Mengajar Pada Info GTK tidak valid masih sering terjadi karena kesalahan pembagian jam pembelajaran pada aplikasi dapodik. Beban mengajar merupakan salah satu penunjang bagi guru dan tenaga  kependidikan dalam proses pencairan Tunjangan Profesi guru karena menentukan linier dan tidaknya dalam mengajar.
memperbaiki beban mengajr belum valid info gtk
Cek Info GTK dapat dilihat valid dan tidak valid data guru yang di ambil minimal satu minggu setelah dilakukan proses sinkronisasi dapodik. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi tidak valid data guru dan tenaga kependidikan, salah satunya adalah beban mengajar yang tidak valid.

Faktor penyebab beban mengajar tidak valid

Beberapa kasus sering terjadi adalah kesalahan dalam menambahkan jam pembelajaran tanpa melihat jenis Guru , jumlah rombel dan jumlah siswa. sehingga terjadi pembelajaran yang tidak normal pada info gtk. Bagi Anda yang masih belum Valid dengan beban mengajar bisa melakukan cara yang admin bagikan di bawah.

Cara mengisi Jam pembelajaran pada Rombongan Belajar.

Dalam kesempatan kali ini Admin akan membagikan cara memperbaiki Beban mengajar pada Info GTK melalui aplikasi dapodik paud.  Ada beberapa cara dan jenis pengisian jam pembelajaran sesuai dengan jumlah guru dan jenis guru yang mengampu pada satuan pendidikan :

Contoh pengisian pembelajaran Valid info gtk 1 guru dengan 1 rombongan belajar.
Buka aplikasi dapodik paud masuk pada menu rombongan belajar
Masuk pada menu pembelajaran , Isi dengan 12 jam,
Beban pembelajaran pada rombongan belajar valid untuk satu guru yang merangkap kepala sekolah
Gambar 1.1 Jam pembelajaran dengan 1 Rombel yang merangkap kepala sekolah
Kenapa hanya diisi dengan 12 jam, karena tugas tambahan kepala sekolah sudah diisi dengan 18 jam sehingga total jumlah yang di ampu menjadi 30 jam.

Contoh Pengisian Jam pembelajaran valid dengan 1 guru 1 rombongan belajar dengan 1 tugas tambahan kepala sekolah. Sudah dipastikan bahwa bagi guru yang memiliki tugas tambahan kepala sekokah memiliki 24 jam pada tugas tambahan . contoh sebagai berikut :
pengaturan jam pembelajaran pada rombel kelas dengan 1 guru 1 kepala sekolah
Gambar 1.2 Jam Mengajar dengan 1 guru 1 kepala sekolah dengan tambahan jam

Kelas di bagi menjadi 2 Rombongan belajar Kelas A dan Kelas B
kelas A :
Guru Kelas 6 jam
Kepala sekolah dengan tugas tambahan 6 jam 
Jika di tambah akan menjadi 12 jam pada rombel

Kelas B :
Guru Kelas : 24 Jam
Catatan : ini bisa dilakukan jika kedua guru sudah sertifikasi. Usahakan jumlah jam pada setiap guru tidak melebihi 30 jam.

Kelas A hanya berjumlah 12 jam dalam 6 jam guru kelas dan 6 jam kepala sekolah. Karena pada tugas tambahan kepala sekolah diisi 24 jam dan untuk guru kelas juga mengajar pada rombel B dengan 24 jam yang semua total 30 jam untuk masing - masing Guru dan kepala sekolah
Catatan : Lihat gambar Satu dan Gambar 2

Contoh Pembelajaran jam pembelajaran Valid Info GTK dengan 3 Rombel dan 2 guru 1 kepala sekolah :

Kelas A1
6 jam di berikan kepada guru wali kelas A2 Atau B dan
6 jam tugas tambahan untuk kepala sekolah

Kelas A2
wali kelas 24 Jam
Kelas B :
Wali kelas 24 Jam


Cara ini sudah Admin lakukan pada setiap aplikasi dapodik Paud sesuai dengan jumlah guru dan jumlah rombel yang ada. Bagi Anda yang masih belum valid Pada Beban mengajar bisa melakukan dengan contoh di atas.

Demikian pembahasan Admin dalam Memperbaiki Beban Mengajar Tidak Valid pada Info GTK melalui Aplikasi Dapodik Paud semoga dapat bermamfaat.

0 Response to "Memperbaiki Beban Mengajar Tidak Valid Pada Info GTK Melalui Aplikasi Dapodik Paud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel